• SMP NEGERI 1 SARADAN
  • Sekolah adalah Jembatan Menuju Masa Depan

Sejarah Singkat

SMP Negeri 1 Saradan merupakan sekolah yang sudah cukup lama berdiri, terletak di wilayah Madiun paling timur. Letaknya di pedesaan atau lebih dikenal dipinggir hutan, tetapi mudah dijangkau dengan kendaraan umum, sekitar 10 km dari kota Caruban. Pada mulanya sekolah ini adalah SMEP yang didirikan pada tanggal 13 Maret 1970.   Seiring perjalanan waktu, dengan SK No. 030/u/1979 tanggal 17 Februari 1979 yang telah disyahkan oleh Mendikbud RI,   SMEP berubah menjadi SMP Negeri 1 Saradan.

Sekolah ini terbilang cukup besar, ada 24 rombongan belajar dengan  tenaga pendidik 41 orang dan 85 % sudah bersertifikat pendidik serta  mempunyai 10 orang tenaga kependidikan. Semenjak tahun 2008 SMP Negeri 1 Saradan sudah mendapatkan predikat A, untuk penilaian Akreditasi Sekolah.

“Terwujudnya Lulusan yang Cerdas, Terampil, Akhlatul Karimah, Peduli Lingkungan Dan Berwawasan Global” merupakan VISI dari SMP Negeri 1 Saradan. Untuk mewujudkan VISI, berbagai upaya telah dilakukan, antara lain : SMP Negeri 1 Saradan selalu menjaring talenta peserta didik dalam bidang akademis maupun non akademis melalui berbagai macam perlombaan yang diadakan setiap tahunnya untuk merayakan hari ulang tahun sekolah.

Selaras dengan VISI sekolah, untuk menciptakan generasi yang terampil dan mandiri SMP Negeri 1 Saradan, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler  seni lukis, kerajinan ukir dan tata busana. Hal ini diharapkan, berbekal dari ilmu yang telah didapat  nantinya peserta didik dapat membuka lapangan kerja sendiri, bagi mereka yang terpaksa tidak bisa melanjutkan kejenjang lebih tinggi karena faktor tidak mampu dan kekurangan biaya.

Untuk mewujudkan insan yang berakhlakul karimah yang tertuang dalam visi sekolah ,  SMP Negeri 1 Saradan juga mengadakan kegiatan kerohkhanian pada jam - jam belajar. Setiap hari jum’at pagi secara terjadwal, peserta didik yang di dampingi oleh bapak dan ibu guru bersama-sama membaca surat Yasin ( pada hari jum’at minggu pertama ), Asma’ul Husna dan sholawat Narriyah ( jum’at minggu kedua ), Sholawat Gus Dur ( jum,at minggu ketiga ) serta surat-surat pendek dalam Al-Qur’an ( jum’at minggu keempat ).  SMP Negeri 1 Saradan juga selalu membiasakan mengadakan sholat jum’at di sekolah. Semua itu dilakukan bertujuan untuk membentuk insan yang religius, berbudi pekerti yang luhur dan berilmu pengetahuan yang tinggi.

“Peduli Lingkungan dan Berwawasan Global” diwujudkan dengan Sekolah yang  tertib, sejuk, nyaman, bersih, asri dan jauh dari kebisingan. Meskipun kendaraan angkutan umum yang sangat besar lalu- lalang di depan sekolah yang merupakan jalan raya menuju arah Surabaya. Keramah tamahan, dan kebijaksanaan beliau membuat  semua warga sekolah merasa nyaman dan merasa betah berada di sekolah. Hal ini membuat suasana yang kondusif dan penuh kekeluargaan selalu tercipta di SMP Negeri 1 Saradan.

Halaman Lainnya
Extrakurikuler

Undermaintenance

15/12/2021 18:32 - Oleh Admin SMPN 1 Saradan - Dilihat 196 kali
OSIS

undermaintenance

15/12/2021 18:31 - Oleh Admin SMPN 1 Saradan - Dilihat 204 kali
Profil

Profil Sekolah                   1. Identitas Sekolah 1 Nama Sekolah : SMP N 1 SARADAN 2 NPSN : 20507769 3 Jenjang Pendidikan :

24/03/2021 06:57 - Oleh Admin SMPN 1 Saradan - Dilihat 374 kali
Visi dan Misi

VISI: “TERWUJUDNYA  LULUSAN  YANG  CERDAS,TERAMPIL , AKHLAKUL KARIMAH, PEDULI LINGKUNGAN DAN BERWAWASAN GLOBAL” MISI :   Sebagai indikator untuk mencapai

24/03/2021 06:57 - Oleh Admin SMPN 1 Saradan - Dilihat 268 kali